Warung Bebas

Saturday 9 June 2012

Batang otak

Batang otak tersusun dari pons, medula oblongata dan mensensefalon (otak tengah). Dibatang otak terdapat sel yang mengontrol fungsi sistem kadiovaskuler dan pernafasan (Elizabeth J. Corwin, 2009 : 222). Batang otak terbagi kedalam tiga bagian yaitu:
1)    Medulla oblongata
Medulla oblongata merupakan bagian yang pital dalam pengaturan jantung, pasomotor atau kontriksi dan dilatasi pembuluh darah serta pusat pernafasan. Medulla oblongata memonitor kadar CO2 yang berperan dalam pengaturan pernafasan, mengatur muntah, bersin, batuk dan menelan.
2)    Pons
Pons merupakan mata rantai penghubung yang penting pada jaras  kortikoserebelaris yang menyatukan hemisperium serebri dan serebeli. Bagian bawah pons berperan dalam pengaturan pernafasan. Nulkeus, saraf kranial V (trigeminus), VI (abdusen), VII (vestibulokoklearis dan auditorius).
3)    Mesenpalon
Mensensepalon terletak di depan otak kecil dan jembatan varol. Di depan otak tengah terdapat talamus dan kelenjar hipofisis yang mengatur kerja kelenjar-kelenjar endokrin. Bagian atas (dorsal) otak tengah merupakan lobus optikus yang mengatur refleks mata seperti penyempitan pupil mata, dan juga merupakan pusat pendengaran.

0 comments em “Batang otak”

Post a Comment