Warung Bebas

Wednesday 20 June 2012

Respon orang tua terhadap bayi baru lahir


a)      Bounding attachment
Menurut Verney (2007) bounding attachment terjadi pada kala IV dimana diadakan kontak mata antara ibu-ayah-anak dan berada dalam ikatan kasih.
Tahap-tahap bounding attachement menurut Depkes (2002), diantaranya adalah :
(1)   Perkenalan (acquaintance), dengan melakukan kontak mata, menyentuh, berbicara, dan mengeksplorasi segera setelah mengenal bayinya.
(2)   Bounding(ketertarikan)
(3)   Attachment, perasaan saying yang mengikat individu dengan individu lain.
b)     Adaptasi sibling
Sibling rivalry adalah persaingan antara saudara kandung, merupakan salah satu alasan terkuat anak-anak bertengkar karena masing-masing anak ingin diperlakukan special oleh orang tuanya. Verney (2007) menggambarkan tingkah laku perkenalan sibling dengan bayi baru lahir yaitu pertemuan pertama anak laki-laki dengan adik perempuan baru, isyarat pertama kakak kelihatan bingung kemudian mencoba menyentuh, menyentuh dengan jari, dan akhirnya hubungan lebih yakin, sekarang memegang peranan dengan seluruh tangan.
c)      Adaptasi ayah
Kemampuan ayah dalam beradaptasi dengan kelahiran bayi dipengaruhi oleh keterlibatan ayah selama kehamilan, partisipasi saat persalinan, struktur keluarga, identifikasi jenis kelamin, tingkat kemampuan dalam penampilan dan latar belakang cultural.

0 comments em “Respon orang tua terhadap bayi baru lahir”

Post a Comment