Warung Bebas

Friday, 1 June 2012

Anatomi Tulang Mandibula dan Tulang Femur


Ada 206 tulang dalam tubuh manusia, yang terbagi dalam empat kategori: tulang panjang (mis. femur), tulang pendek (mis.  tulang tarsalia), tlang pipih (mis. sternum), dan tulang tak teratur (mis. vertebrata). Bentuk dan konstruksi tulang tertentu ditentukan oleh fungsi dan gaya yang bekerja padanya (Brunner & Suddart, 2001, hal. 2210).

            Tulang terdiri atas lima jenis sel, yakni Osteogenik memiiki kemampuan berubah bentuk menjadi osteoblast atau osteoclast selama terjadi stress dan proses penyembuhan. Osteoblast adalah sebagai pompa sel untuk menggerakkan kalsium keluar dan masuk sel. Osteosit merupakan sel utama pada tulang yang sedang tumbuh, berperan dalam mempertahankan matriks dalam keadaan stabil dan sehat dengan mensekresi enzim dan mempertahankan kandungan mineral didalamnya. Osteoclas adalah sel besar dan banyak inti dan biasanya ditemukan ketika tulang mengalami resorbsi (memecah/melarutkan) dalam keadaan normal. Dan yang terakhir Sel pembatas tulang berasal dari osteoblas, menyediakan sel osteogenik yang dapat berubah menjadi osteoblast.

            Mandibula adalah tulang rahang bawah pada manusia dan berfungsi sebagai tempat menempelnya gigi geligi rahang bawah. Mandibula berhubungan dengan basis kranii dengan adanya temporo-mandibular joint dan disangga oleh otot – otot mengunyah. (Lihat Gambar 2.4)

            Tulang femur atau tulang paha adalah tulang terpanjang dari tubuh. Tulang itu bersendi dengan asetabulum dalam formasi persendian panggul dan dari sini menjulur ke lutut dan membuat sendi dengan tibia. Tulangnya berupa tulang pipa dan mempunyai sebuah batang dan dua ujung. (Lihat Gambar 2.5)
Gambar 2.4 Mandibula

 

Sumber: Tohar, 2010, hal 1
Gambar 2.5 Femur


 

 
Sumber: Evelyn C. Pearce, hal 78

0 comments em “Anatomi Tulang Mandibula dan Tulang Femur”

Post a Comment